Rabu, 04 Januari 2023

 

Topik 2: Lingkungan Belajar Abad 21

KONEKSI ANTAR MATERI

1.    Peran teknologi dan media dalam pembelajaran 

Teknologi berperan penting dalam pembelajaran. Peran Teknologi dalam pembelajaran diantaranya yaitu teknologi sebagai alat (tools), dalam hal ini digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik untuk belajar, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat basis data (database), membuat program administratif untuk peserta didik, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh peserta didik.

 

2.    Langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk mewujudkan menjadi guru profesional dan guru digital 

 

a.   Penyesuaian dalam strategi dan materi pengajaran perlu dilakukan untuk memastikan bahwa semua peserta didik akan memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil dalam pengalaman belajar mereka.

b.  Peserta didik diharapkan terlibat aktif dalam membaca dan menulis sebagai komponen integral dari pembelajaran dalam semua bidang.

c.   Guru harus memiliki fleksibilitas dalam merancang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan untuk mendorong keberhasilan dalam semua aspek pembelajaran.

d.  Guru harus berpengalaman dalam praktik terbaik untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum dan pembelajaran.

e.   Perlu ada model yang dikembangkan sebagai alat bantu untuk merencanakan dan memastikan bahwa teknologi dan media digunakan secara maksimal, tidak hanya sebagai pengganti bahan ajar cetak atau pesan lisan.

3.    Bentuk-bentuk media dan teknologi yang pernah bapak/ibu gunakan di sekolah masing-masing

a.   Zoom

b.  Gmeet

c.   Powerpoint

d.  Geogebra

e.   Excel

f.    Quizizz

g.  Quiper

h.  Kahoot

i.    Google Classrom

 

4.    Kode etik dan hak cipta

Kode Etik adalah Tata aturan berdasarkan aspek etika dan moral yang disepakati bersamaoleh anggota suatu asosiasi profesi untuk dijadikan pedoman dalam bertindak secara professional bertujuan untuk

a.    Untuk menjunjung tinggi martabat profesi.

b.    Menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota

c.     Meningkatkan pengabdian para anggota profesi.

d.    Meningkatkan mutu profesi.

e.    Meningkatkan mutu organisasi profesi.

f.     Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.

g.    Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.

h.    Menentukan standar bakunya sendiri.

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi penciptaan atau penerimaan hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya ataumemberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan- pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.Hak cipta terdiri atas hak ekonomi (economic righst) dan hak moral (moral rights). Hak ekonomi adalah hak untuk mendapatkanmanfaat ekonomi atas ciptaan serta produk hak terkait, sedangkan hakmoral adalah hak yang melekat pada diri pencipta atau pelaku yangtidak dapat dihilangkan atau dihapus tanpa alasan apa pun, walaupunhak cipta atau hak terkait telah dialihkan.

5.    Hasil diskusi selanjutnya dapat dituangkan dalam bentuk tulisan singkat beserta isian atau pertanyaan-pertanyaan tentang teknologi, media dan bahan ajar yang digunakan.

Teknologi yang Digunakan

Format Media

Bahan Ajar yang Digunakan

PPT

Teks dan visual

Modul ajar

Geogebra

Visual

Media menggambar grafik

Google classroom

Audio visual

e-book dan video pembelajaran

Quizizz

Audio visual

LKPD non cetak

Kahoot

Audio visual

LKPD non cetak

Canva

Visual

Modul, info grafis

Prezi

Audio visual

Modul ajar

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar