BAB I
PENDAHULUAN
Keberhasilan pendidikan formal banyak ditentukan oleh
keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, yakni keterpaduan antara
kegiatan pendidik dengan kegiatan peserta didik. Untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas kegiatan pembelajaran ini banyak upaya yang dapat dilakukan oleh
pendidik dengan cara meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi
pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Untuk
menguasai perubahan pembelajaran yang berlangsung cepat dibutuhkan pula cara
belajar cepat dan kemampuan menyerap serta memahami informasi baru dengan cepat
pula. Seiring dengan hal tersebut, saat ini muncul satu konsep yang menawarkan
cara belajar yang lebih cepat, yang dikenal dengan konsep “Accelerated
Learning”. Teknik belajar ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk
belajar lebih cepat dari sebelumnya.
Accelerated artinya dipercepat dan
Learning artinya pembelajaran. Jadi, Accelerated Learning dapat diartikan
percepatan pembelajaran atau cara belajar cepat atau bisa disingkat dengan CBC.
Didalam metode Cara Belajar Cepat terdapat sebuah enam
langkah dasar yang biasa disebut dengan singkatan M.A.S.T.E.R.
Mengingat pentingnya CBC dan enam
langkah dasar M.A.S.T.E.R , maka di dalam makalah ini akan dibahas mengenai (1)
pemicu perlunya cbc yang meliputi (a) konsep cbc (b) perlunya cbc (2) enam
langkah dasar master yang meliputi (a) M (Motivating Your Mind = Memotivasi pikiran) (b)
A (Aquiring the Information = Memperoleh informasi) (c) S (Searching Out
the Meaning = Menyelidiki makna) (d) T (Trigering the Memory = Memicu
memori) (e) E (Exhibiting what You Know = Memamerkan apa yang Anda
ketahui) (f) R (Reflecting How You’ve Learned = Merefleksikan bagaimana
Anda belajar) dan (3) kelebihan dan kekurangan metode master.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pemicu Perlunya
CBC
a.
Konsep CBC
CBC bisa disebut
dengan Accelerated Learning yang artinya
Accelerated artinya dipercepat dan Learning artinya pembelajaran. Accelerated
Learning dapat diartikan percepatan pembelajaran atau cara belajar cepat (CBC).
Accelerated Learning adalah konsep
belajar dengan menggunakan seluruh kemampuan indrawi yang dimiliki oleh setiap
orang sebagai piranti input data dan memprosesnya (data procesing) menurut cara
kerja otak dan sistem syaraf (Neuron) serta menyimpannya dalam memory
storageotak yang memiliki daya tampung luar biasa, tidak terbatas pada
processing (cara berpikir) namun pada penyimpanannya berikut
pengaturan peletakannya diotak sehingga kita bisa mengaksesnya kapan saja
dengan mudah
Menurut
Colin dan Malcolm, belajar bukan hanya untuk mengetahui jawaban-jawaban, juga
bukan sekedar untuk mengetahui penggalan dari suatu batang tubuh pengetahuan.
Belajar juga tidak hanya diukur dengan indeks prestasi dan nilai ujian saja.
Akan tetapi belajar adalah petualangan seumur hidup, perjalanan eksplorasi
tanpa akhir untuk menciptakan pemahaman personal. Petualangan tersebut haruslah
melibatkan kemampuan untuk secara terus menerus menganalisis dan meningkat cara
belajar, serta kemampuan menyadari proses belajar dan berpikir diri sendiri.
Belajar haruslah dimulai sedini mungkin dan terus berlangsung seumur hidupnya,
serta mengimplementasikan apa yang dipelajari.
Seseorang
akan menemukan bahwa belajar itu mudah dan menyenangkan ketika orang tersebut
mampu menggunakan bentuk-bentuk kecerdasannya yang paling kuat. Hal tersebut
disebabkan karena sebagian orang mungkin kurang mampu dalam suatu jenis
kecerdasan. Akan tetapi karena gabungan dan paduan khusus keterampilan yang
dimilikinya, dia mungkin mampu mengisi dengan baik beberapa kekurangannya
secara baik.Tapi umumnya semakin baik seseorang mengembangkan kecerdasannya
yang lain, maka akan semakin luwes orang tersebut memenuhi tantangan dalam
kehidupan yang luas aspeknya.
Metode
belajar dalam Accelerated Learning mengakui bahwa masing-masing individu
memiliki cara belajar pribadi pilihan yang sesuai dengan karakter dirinya. Oleh
karena itu, ketika seseorang belajar dengan menggunakan teknik-teknik yang
sesuai dengan gaya belajar pribadinya, maka berarti ia telah belajar dengan
cara yang paling alamiah bagi diri sendiri. Sebab, yang alamiah menjadi lebih
mudah, dan yang lebih mudah menjadi lebih cepat, itulah alasan Colin Rose dan Malcolm
J. Nicholl menyebutnya cara belajar cepat.
b.
Pemicu Perlunya
CBC
Metode CBC (Cara
Belajar Cepat) sangatlah penting sekali bagi anak anak Indonesia , beberapa
alasannya yaitu :
·
Melibatkan
secara aktif otak emosional yang berarti membuat segala sesuatu lebih mudah
diingat.
·
Mensikronkan
aktivitas otak kiri dan otak kanan.
·
Memperkenalkan
saat-saat relaksasi untuk memungkinkan konsolidasi seluruh potensi otak
berlangsung.Walaupun memahami sesuatu dan mengingatnya merupakan hal yang
berbeda,akan tetapi semua pembelajaran agar bermanfaat perlu disimpan dalam
memori
·
Bagi
anak CI-BI sangatlah perlu diterapkan CBC dikarenakan anak anak tersebut
apabila diterapkan pembelajaran dengan anak anak normal maka anak CIBI akan
mudah cepat bosan dikarenakan anak CI-BI lebih cepat memahami dan mengingat
materi.
·
Menghemat
waktu untuk pembelajaran
2.
Enam langkah
dasar M.A.S.T.E.R
Belajar menjadi
beban yang membuat stress. Menurut pandangan seorang ahli psikologi mitaly
(sikszentmihaly) yang selama lebih dari 20 tahun mengkaji apa yang disebut
“aliran” – keadaan kosentrasi yang mengantarkan pada pengalaman
yang optimal, suatu kesadaran yang demikian terfokus sehingga pelakunya
terserap penuh dalam kegiatan. Ini terjadi ketika seseorang menikmati
perasaanya. Bagaimana kita menjadikan belajar itu menyenangkan dan berhasil?
Caranya antara lain :
a.
Menciptakan
lingkungan tanpa srtess (relaks) lingkungan yang aman untuk melakukan
kesalahan, namun harapan untuk sukses tinggi.
b.
Menjamin
bahwa subyek pelajaran adalah relevan – andaingin belajar ketika anda melihat
manfaat dan pentingnya subjek pelajaran itu.
c.
Menjamin
bahwa belajar secara emosional adalah positif – pada umumnya ketika belajar
dilakukan bersama dengan orang lain, ketika ada humor, dan dorongan semangat,
waktu rehat dan jeda teratur dan dukungan antusias.
d.
Melibatkan
secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.
e.
Menantang
otak anda untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengeksplorasi apa yang sedang
dipelajari dengan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk memahami
subjek pelajaran.
f.
Dan
mengonsilidasikan bahan yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam
periode – periode waspada yang relaks.
Struktur metode
CBC dibagi menjadi enam langkah dasar, keenam langkah itu dapat diingat dengan
mudah dengan menggunakan singkatan M.A.S.T.E.R sebuah kata yang diciptakan oleh
pelatih termuka CBC Jayne Nicholl, penulis open sesame.
1. Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran)
Dalam memotivasi pikiran, maka seseorang
harus berada dalam keadaan pikiran yang relaks, percaya diri dan termotivasi.
Jika mengalami stres atau kurang percaya diri atau tidak dapat melihat manfaat
dari sesuatu adalah persyaratan mutlak. Seseorang harus mempunyai keinginan
untuk memperoleh ketrampilan atau pengetahuan baru, harus percayabahwa dirinya
betul-betul mampu belajar dan bahwa informasi yang didapat akan mempunyai
dampak yang bermakna bagi kehidupannya. Jika belajar hanya dianggap sebagai
tugas belaka, maka besar kemungkinan akan mengalami kegagalan. Maka dari itu,
sebagai langkah penting pertama untuk memulai proses belajar harus dapat
menemukan AGB (Apa Gunanya Bagiku). Hal ini berkenaan dengan menanyai diri
sendiri, misalnya “Apakah ini benar?”, “Apakah ini dapat dimengerti?” dan
“Memperdebatkan informasi yang ada” adalah bagian-bagian esensial dari proses
belajar, karena pertanyaan tersebut dapat menjaga fokus perhatian.
2. Acquiring The Information (Memperoleh Informasi)
Dalam belajar seseorang perlu mengambil,
memperoleh dan menyerap fakta-fakta dasar subyek pelajaran yang dipelajari
melalui cara yang paling sesuai dengan pembelajaran yang disukai. Walaupun ada
sejumlah strategi belajar yang harus diimplementasikan oleh setiap orang,
tetapi juga ada perbedaan pokok sejauh mana seseorang perlu melihat,
mendengar, atau melibatkan diri secara fisik dalam belajar. Dengan
mengidentifikasi kekuatan visual, auditori dan kinestetik, maka seseorang akan
dapat memainkan berbagai strategi yang menjadikan pemerolehan informasi lebih
mudah daripada sebelumnya. Ada beberapa strategi yang ditawarkan Collin dan
Malcolm dalam memperoleh informasi agar lebih mudah yaitu :
a. Dapatkan gambaran yang
lebih menyeluruh
b. Kembangkan gagasan inti
c. Buat sketsa dari apa yang
telah diketahui
d. Bagi materi menjadi kecil-kecil
e. Bertanyalah terus
f. Pahami gaya belajar
sendiri
3. Searching Out The Meaning (Menyelidiki Makna)
Menanamkan informasi pada memori menetap mensyaratkan
Anda untuk menyelidiki implikasi dan signifikansi makna seutuhnya dengan secara
saksama mengeksplorasi bahan subjek yang bersangkutan. Ada perbedaan besar
antara mengetahui clan memahami benar-benar sesuatu. Semata mengubah fakta ke
dalam makna pribadinya adalah unsur pokok dalam proses belajar. Mengubah fakta
menjadi makna adalah gelanggang di mana kedelapan kecerdasan kita berperan
aktif. Setiap jenis kecerdasan adalah sumber daya yang bisa Anda terapkan
ketika mengeksplorasi dan menginterpretasikan fakta-fakta dari subjek
pelajaran.
4. Triggering The Memory (Memicu Memory)
Sering sekali, ada banyak hal yang harus diingat dalam
suatu subjek tertentu. Anda kini harus meyakinkan diri anda bahwa materi subjek
itu terpateri dalam memori jangka panjang anda. Terapkanlah dengan sadar
langkah-langkah sebelumnya, maka anda benar-benar telah mempelajari subjek itu
karena anda memahaminya. Namun, anda juga harus yakin bahwa anda telah
“menyimpan”-Nya rapat-rapat dalam memori sedemikian sehingga anda bisa membuka
dan mengambilnya saat diperlukan.
5. Exhibiting What You Know (Memamerkan Apa Yang Anda Ketahui)
Alangkah baiknya jika Anda mencoba berbagi informasi
dengan seorang atau beberapa orang mitra belajar. Coba siapkan dan latihkan suatu
presentasi dari pikiran Anda, kemudian ajarkanlah. Sangat mudah kita mengira
telah memahami sesuatu tetapi ternyata mendapati bahwa anda tidak bisa
menjelaskannya kepada orang lain. jika Anda bisa "mengajarkan"- nya
kepada orang lain, berarti Anda betul-betul menunjukkan bahwa Anda telah paham.
Anda tidak hanya mengetahui, anda juga "memiliki"-nya. Menggunakan
lima tahap ini harus menjadi kebiasaan anda. Namun, untuk itu Anda perlu
mempraktikkannya terus-menerus. Anda perlu aktif mencari situasi di mana Anda
bisa mengimplementasikan kelimanya dan menguji diri Anda sendiri
6. Reflecting How You’ve Learted (Merefleksikan Bagaiman Anda
Belajar)
Rose (2002) mengatakan bahwa “hakikat seorang
pembelajar yang betul-betul independent adalah senantiasa peduli pada upaya
untuk terus menerus meningkatkan kualitas belajarnya sendiri dan tidak dapat
melakukannya tanpa berfikir tentangnya”. Ini berarti seorang pembelajar selalu
berfikir apa usaha terbaik untuk memperoleh hasil yang terbaik pula. Hal ini
dapat dilakukan dengan selalu mengevaluasi cara belajar setiap hari. Dengan
kata lain kecerdasan intrapersonal dituntut dalam hal ini, agar kajian terhadap
kelebihan dan kekurangan diri dalam belajar lebih mendalam. Dengan menggunakan model
MASTER, siswa tidak hanya dapat menguasai konsep yang diajarkan, tapi juga
menjadi kreatif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena motivasi yang
diberikan, suasana belajar menjadi menyenangkan dan jauh dari kesan
membosankan. Selain itu siswa juga dibimbing untuk lebih berani dalam
membuktikan bahwa mereka telah menguasai konsep yang didapat.
3.
Kelebihan dan kekurangan dari metode MASTER
Kelebihan:
1. Membantu siswa dalam memahami materi.
2. Membiasakan siswa menganalisa permasalahan
3. Melatih kecepatan berfikir siswa
4.
Siswa menjadi
kreatif
Kekurangan:
1. Tidak semua materi dapat menggunakan model
pembelajaran ini
2. Diperlukan guru
yang kreatif sehingga didapat hasil yang optimal
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
CBC adalah cara belajar cepat yang disesuaikan dengan kemampuan dan kepribadian
seseorang. Didalam CBC terdapat enam langkah metode master, diantaranya :
1. Motivating Your
Mind (Memotivasi Pikiran)
2. Acquiring The
Information (Memperoleh Informasi)
3. Searching Out
The Meaning (Menyelidiki Makna)
4. Triggering The
Memory (Memicu Memory)
5. Exhibiting What
You Know (Memamerkan Apa Yang Anda
Ketahui)
6. Reflecting How
You’ve Learted (Merefleksikan
Bagaiman Anda
Belajar)
Metode
CBC (Cara Belajar Cepat) sangatlah penting sekali bagi anak anak Indonesia. beberapa alasannya yaitu melibatkan
secara aktif otak emosional, mensikronkan
aktivitas otak kiri dan otak kanan, memperkenalkan
saat-saat relaksasi untuk memungkinkan konsolidasi seluruh potensi otak
berlangsung, bagi anak CI-BI sangatlah perlu diterapkan CBC, dan menghemat waktu untuk pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Colin Rose Malcolm J.
Nicholl, Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat abad XXI (Bandung;Penerbit
Nuansa;2006).11
Wawan listyawan materi
kuliah pendidikan perencanaan pembelajaran strategi pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar