Jumat, 05 Februari 2016

6 langkah MASTER Cara belajar cepat

BAB I
PENDAHULUAN

Keberhasilan pendidikan formal banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, yakni keterpaduan antara kegiatan pendidik dengan kegiatan peserta didik. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pembelajaran ini banyak upaya yang dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Untuk menguasai perubahan pembelajaran yang berlangsung cepat dibutuhkan pula cara belajar cepat dan kemampuan menyerap serta memahami informasi baru dengan cepat pula. Seiring dengan hal tersebut, saat ini muncul satu konsep yang menawarkan cara belajar yang lebih cepat, yang dikenal dengan konsep “Accelerated Learning”. Teknik belajar ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih cepat dari sebelumnya.
Accelerated artinya dipercepat dan Learning artinya pembelajaran. Jadi, Accelerated Learning dapat diartikan percepatan pembelajaran atau cara belajar cepat atau bisa disingkat dengan CBC.  Didalam metode  Cara Belajar Cepat terdapat sebuah enam langkah dasar yang biasa disebut dengan singkatan M.A.S.T.E.R.
Mengingat pentingnya CBC dan enam langkah dasar M.A.S.T.E.R , maka di dalam makalah ini akan dibahas mengenai (1) pemicu perlunya cbc yang meliputi (a) konsep cbc (b) perlunya cbc (2) enam langkah dasar master yang meliputi (a) M (Motivating Your Mind = Memotivasi pikiran) (b) A (Aquiring the Information = Memperoleh informasi) (c) S  (Searching Out the Meaning = Menyelidiki makna) (d) T  (Trigering the Memory = Memicu memori) (e) E  (Exhibiting what You Know = Memamerkan apa yang Anda ketahui) (f) R  (Reflecting How You’ve Learned = Merefleksikan bagaimana Anda belajar) dan (3) kelebihan dan kekurangan metode master.



















BAB II
PEMBAHASAN


1.    Pemicu Perlunya CBC

a.    Konsep CBC
CBC bisa disebut dengan Accelerated Learning  yang artinya Accelerated artinya dipercepat dan Learning artinya pembelajaran. Accelerated Learning dapat diartikan percepatan pembelajaran atau cara belajar cepat (CBC). Accelerated Learning  adalah konsep belajar dengan menggunakan seluruh kemampuan indrawi yang dimiliki oleh setiap orang sebagai piranti input data dan memprosesnya (data procesing) menurut cara kerja otak dan sistem syaraf (Neuron) serta menyimpannya dalam  memory  storageotak yang memiliki daya tampung luar biasa, tidak terbatas pada processing (cara berpikir) namun pada penyimpanannya berikut pengaturan peletakannya diotak sehingga kita bisa mengaksesnya kapan saja dengan mudah
Menurut Colin dan Malcolm, belajar bukan hanya untuk mengetahui jawaban-jawaban, juga bukan sekedar untuk mengetahui penggalan dari suatu batang tubuh pengetahuan. Belajar juga tidak hanya diukur dengan indeks prestasi dan nilai ujian saja. Akan tetapi belajar adalah petualangan seumur hidup, perjalanan eksplorasi tanpa akhir untuk menciptakan pemahaman personal. Petualangan tersebut haruslah melibatkan kemampuan untuk secara terus menerus menganalisis dan meningkat cara belajar, serta kemampuan menyadari proses belajar dan berpikir diri sendiri. Belajar haruslah dimulai sedini mungkin dan terus berlangsung seumur hidupnya, serta mengimplementasikan apa yang dipelajari.
Seseorang akan menemukan bahwa belajar itu mudah dan menyenangkan ketika orang tersebut mampu menggunakan bentuk-bentuk kecerdasannya yang paling kuat. Hal tersebut disebabkan karena sebagian orang mungkin kurang mampu dalam suatu jenis kecerdasan. Akan tetapi karena gabungan dan paduan khusus keterampilan yang dimilikinya, dia mungkin mampu mengisi dengan baik beberapa kekurangannya secara baik.Tapi umumnya semakin baik seseorang mengembangkan kecerdasannya yang lain, maka akan semakin luwes orang tersebut memenuhi tantangan dalam kehidupan yang luas aspeknya.
Metode belajar dalam Accelerated Learning mengakui bahwa masing-masing individu memiliki cara belajar pribadi pilihan yang sesuai dengan karakter dirinya. Oleh karena itu, ketika seseorang belajar dengan menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan gaya belajar pribadinya, maka berarti ia telah belajar dengan cara yang paling alamiah bagi diri sendiri. Sebab, yang alamiah menjadi lebih mudah, dan yang lebih mudah menjadi lebih cepat, itulah alasan Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl menyebutnya cara belajar cepat.



b.   Pemicu Perlunya CBC
Metode CBC (Cara Belajar Cepat) sangatlah penting sekali bagi anak anak Indonesia , beberapa alasannya yaitu :
·         Melibatkan secara aktif otak emosional yang berarti membuat segala sesuatu lebih mudah diingat.
·         Mensikronkan aktivitas otak kiri dan otak kanan.
·         Memperkenalkan saat-saat relaksasi untuk memungkinkan konsolidasi seluruh potensi otak berlangsung.Walaupun memahami sesuatu dan mengingatnya merupakan hal yang berbeda,akan tetapi semua pembelajaran agar bermanfaat perlu disimpan dalam memori
·         Bagi anak CI-BI sangatlah perlu diterapkan CBC dikarenakan anak anak tersebut apabila diterapkan pembelajaran dengan anak anak normal maka anak CIBI akan mudah cepat bosan dikarenakan anak CI-BI lebih cepat memahami dan mengingat materi.
·         Menghemat waktu untuk pembelajaran

2.        Enam langkah dasar M.A.S.T.E.R
Belajar menjadi beban yang membuat stress. Menurut pandangan seorang ahli psikologi mitaly (sikszentmihaly) yang selama lebih dari 20 tahun mengkaji apa yang disebut “aliran” – keadaan kosentrasi yang mengantarkan pada pengalaman yang optimal, suatu kesadaran yang demikian terfokus sehingga pelakunya terserap penuh dalam kegiatan. Ini terjadi ketika seseorang menikmati perasaanya. Bagaimana kita menjadikan belajar itu menyenangkan dan berhasil? Caranya antara lain :
a.       Menciptakan lingkungan tanpa srtess (relaks) lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan, namun harapan untuk sukses tinggi.
b.      Menjamin bahwa subyek pelajaran adalah relevan – andaingin belajar ketika anda melihat manfaat dan pentingnya subjek pelajaran itu.
c.       Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif – pada umumnya ketika belajar dilakukan bersama dengan orang lain, ketika ada humor, dan dorongan semangat, waktu rehat dan jeda teratur dan dukungan antusias.
d.      Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.
e.       Menantang otak anda untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengeksplorasi apa yang sedang dipelajari dengan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk memahami subjek pelajaran.
f.       Dan mengonsilidasikan bahan yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periode – periode waspada yang relaks.

Struktur metode CBC dibagi menjadi enam langkah dasar, keenam langkah itu dapat diingat dengan mudah dengan menggunakan singkatan M.A.S.T.E.R sebuah kata yang diciptakan oleh pelatih termuka CBC Jayne Nicholl, penulis open sesame.

1. Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran)

Dalam memotivasi pikiran, maka seseorang harus berada dalam keadaan pikiran yang relaks, percaya diri dan termotivasi. Jika mengalami stres atau kurang percaya diri atau tidak dapat melihat manfaat dari sesuatu adalah persyaratan mutlak. Seseorang harus mempunyai keinginan untuk memperoleh ketrampilan atau pengetahuan baru, harus percayabahwa dirinya betul-betul mampu belajar dan bahwa informasi yang didapat akan mempunyai dampak yang bermakna bagi kehidupannya. Jika belajar hanya dianggap sebagai tugas belaka, maka besar kemungkinan akan mengalami kegagalan. Maka dari itu, sebagai langkah penting pertama untuk memulai proses belajar harus dapat menemukan AGB (Apa Gunanya Bagiku). Hal ini berkenaan dengan menanyai diri sendiri, misalnya “Apakah ini benar?”, “Apakah ini dapat dimengerti?” dan “Memperdebatkan informasi yang ada” adalah bagian-bagian esensial dari proses belajar, karena pertanyaan tersebut dapat menjaga fokus perhatian.

2. Acquiring The Information (Memperoleh Informasi)

Dalam belajar seseorang perlu mengambil, memperoleh dan menyerap fakta-fakta dasar subyek pelajaran yang dipelajari melalui cara yang paling sesuai dengan pembelajaran yang disukai. Walaupun ada sejumlah strategi belajar yang harus diimplementasikan oleh setiap orang, tetapi juga ada perbedaan pokok sejauh mana seseorang  perlu melihat, mendengar, atau melibatkan diri secara fisik dalam belajar. Dengan mengidentifikasi kekuatan visual, auditori dan kinestetik, maka seseorang akan dapat memainkan berbagai strategi yang menjadikan pemerolehan informasi lebih mudah daripada sebelumnya. Ada beberapa strategi yang ditawarkan Collin dan Malcolm dalam memperoleh informasi agar lebih mudah yaitu :
a.       Dapatkan gambaran yang lebih menyeluruh
b.      Kembangkan gagasan inti
c.       Buat sketsa dari apa yang telah diketahui
d.      Bagi materi menjadi kecil-kecil
e.       Bertanyalah terus
f.       Pahami gaya belajar sendiri

3. Searching Out The Meaning (Menyelidiki Makna)

Menanamkan informasi pada memori menetap mensyaratkan Anda untuk menyelidiki implikasi dan signifikansi makna seutuhnya dengan secara saksama mengeksplorasi bahan subjek yang bersangkutan. Ada perbedaan besar antara mengetahui clan memahami benar-benar sesuatu. Semata mengubah fakta ke dalam makna pribadinya adalah unsur pokok dalam proses belajar. Mengubah fakta menjadi makna adalah gelanggang di mana kedelapan kecerdasan kita berperan aktif. Setiap jenis kecerdasan adalah sumber daya yang bisa Anda terapkan ketika mengeksplorasi dan menginterpretasikan fakta-fakta dari subjek pelajaran.

4. Triggering The Memory (Memicu Memory)

Sering sekali, ada banyak hal yang harus diingat dalam suatu subjek tertentu. Anda kini harus meyakinkan diri anda bahwa materi subjek itu terpateri dalam memori jangka panjang anda. Terapkanlah dengan sadar langkah-langkah sebelumnya, maka anda benar-benar telah mempelajari subjek itu karena anda memahaminya. Namun, anda juga harus yakin bahwa anda telah “menyimpan”-Nya rapat-rapat dalam memori sedemikian sehingga anda bisa membuka dan mengambilnya saat diperlukan.

5. Exhibiting What You Know (Memamerkan Apa Yang Anda Ketahui)

Alangkah baiknya jika Anda mencoba berbagi informasi dengan seorang atau beberapa orang mitra belajar. Coba siapkan dan latihkan suatu presentasi dari pikiran Anda, kemudian ajarkanlah. Sangat mudah kita mengira telah memahami sesuatu tetapi ternyata mendapati bahwa anda tidak bisa menjelaskannya kepada orang lain. jika Anda bisa "mengajarkan"- nya kepada orang lain, berarti Anda betul-betul menunjukkan bahwa Anda telah paham. Anda tidak hanya mengetahui, anda juga "memiliki"-nya. Menggunakan lima tahap ini harus menjadi kebiasaan anda. Namun, untuk itu Anda perlu mempraktikkannya terus-menerus. Anda perlu aktif mencari situasi di mana Anda bisa mengimplementasikan kelimanya dan menguji diri Anda sendiri

6. Reflecting How You’ve Learted (Merefleksikan Bagaiman Anda
Belajar)

Rose (2002) mengatakan bahwa “hakikat seorang pembelajar yang betul-betul independent adalah senantiasa peduli pada upaya untuk terus menerus meningkatkan kualitas belajarnya sendiri dan tidak dapat melakukannya tanpa berfikir tentangnya”. Ini berarti seorang pembelajar selalu berfikir apa usaha terbaik untuk memperoleh hasil yang terbaik pula. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu mengevaluasi cara belajar setiap hari. Dengan kata lain kecerdasan intrapersonal dituntut dalam hal ini, agar kajian terhadap kelebihan dan kekurangan diri dalam belajar lebih mendalam. Dengan menggunakan model MASTER, siswa tidak hanya dapat menguasai konsep yang diajarkan, tapi juga menjadi kreatif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena motivasi yang diberikan, suasana belajar menjadi menyenangkan dan jauh dari kesan membosankan. Selain itu siswa juga dibimbing untuk lebih berani dalam membuktikan bahwa mereka telah menguasai konsep yang didapat.


3.        Kelebihan dan kekurangan dari metode MASTER

Kelebihan:
1.      Membantu siswa dalam memahami materi.
2.      Membiasakan siswa menganalisa permasalahan
3.      Melatih kecepatan berfikir siswa
4.      Siswa menjadi kreatif

 Kekurangan:
1.      Tidak semua materi dapat menggunakan model pembelajaran ini
2.       Diperlukan guru yang kreatif sehingga didapat hasil yang optimal





































BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
           
CBC adalah cara belajar cepat yang disesuaikan dengan kemampuan dan kepribadian seseorang. Didalam CBC terdapat enam langkah metode master, diantaranya :
1. Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran)
2. Acquiring The Information (Memperoleh Informasi)
3. Searching Out The Meaning (Menyelidiki Makna)
4. Triggering The Memory (Memicu Memory)
5. Exhibiting What You Know (Memamerkan Apa Yang Anda Ketahui)
6. Reflecting How You’ve Learted (Merefleksikan Bagaiman Anda
Belajar)
Metode CBC (Cara Belajar Cepat) sangatlah penting sekali bagi anak anak Indonesia. beberapa alasannya yaitu melibatkan secara aktif otak emosional, mensikronkan aktivitas otak kiri dan otak kanan, memperkenalkan saat-saat relaksasi untuk memungkinkan konsolidasi seluruh potensi otak berlangsung, bagi anak CI-BI sangatlah perlu diterapkan CBC, dan menghemat waktu untuk pembelajaran.
         



























DAFTAR PUSTAKA

Colin Rose Malcolm J. Nicholl, Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat abad XXI (Bandung;Penerbit Nuansa;2006).11
Wawan listyawan materi kuliah pendidikan perencanaan pembelajaran strategi pembelajaran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar