BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Di setiap kelas terdapat banyak siswa yang memiliki karakteristik
masing-masing dan tidak sama. Sehingga kita perlu melakukan identifikasi pada
siswa untuk menemukenali siswa. Oleh karena itu perlulah dilakukan asesmen kepada
siswa agar kita bisa mengetahui sejauh mana pencapaian siswa sampai saat ini.
Dari hasil asesmen kita dapat memperoleh data yang nantinya akan diketahui
bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain. Apabila
lebih dikhususkan dari asesmen dapat kita peroleh data siswa mengenai kemampuan
individu sehingga kita dapat merekomendasikan layanan yang dapat menunjang
perkembangan siswa. Karena setiap siswa membutuhkan program pembelajaran yang
berbeda,sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Selain program yang ditentukan
ini bermanfaat untuk pengoptimalan siswa juga berfungsi untuk memantau
kesesuaian program yang telah diberikan sebelumnya sehingga untuk mendapatkan
data yang valid harus dilakukan penilaian atau asesmen terhadap siswa secara
berkala.
2.
Manfaat dan Tujuan
1.
Untuk mengidentifikasi anak
2.
Untuk mendapatkan data yang
sesuai
3.
Untuk menilai program yang
telah diberikan sebelumnya
4.
Untuk menentukan atau
memperbarui program yang kurang sesuai
5.
Agar tidak ada pemberian
program yang salah kepada siswa
6.
Pemberian penanganan secara
tepat
7.
Agar anak dapat berkembang
secara optimal melalui program pembelajaran individu yang diberikan
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Profil anak
Siswa 1
Nama : Farhan
Kelas : 2
Sekolah : SDN Percobaan
Hambatan : AKB
Siswa 2
Nama : Jared
Kelas : 2
Sekolah : SDN Percobaan
Hambatan : AKB
2.
Pelaksanaan Asesmen
Hari /Tanggal :
Rabu, 13 Mei 2015
Waktu :
08.00 – 10.00
Tempat :
Aula PLB Unesa
3.
Aspek yang diasesmen
a.
Membaca
o
Membaca pemahaman
§ Pengembangan kosakata
§ Pemahaman literal
§ Pemahaman inferensial
§ Membaca kritis
§ Komponen apresiasi
o
Membaca teknis
§ Konfigurasi
§ Analisis konteks
§ Penguasaan kosakata pandang
§ Analisis huruf fonik
§ Analisis struktural
*dilakukan
dengan prosedur inventori membaca informal
b.
Menulis
o
Keterampilan menulis lanjut
o
Kelancaran
o
Kosakata
o
Struktur
o
Isi
*dilakukan
dengan observasi keterampilan menulis dan analisis sampel tulisan
c.
Berhitung yang meliputi
o
Kecakapan operasi hitung
bilangan bulat
o Menyebutkan/
menunjuklambang bilangan
o Mengurutkan bilangan
o Simbol
Operasi Hitung
o Menulis
lambang bilangan
o Menempatkan
Nilai Tempat Satuan,
puluhan, ratusan, dan ribuan
o Serta
mengetes dimensi kuantitatif dan kualitatif
4.
Cara pengambilan data asesmen
o
Observasi : Mengadakan
pengamatan terhadap simulasi yang dilakukan oleh guru pendamping siswa dan 2
siswa dengan spesifikasi kesulitan belajar. Melalui asesmen yang dilakukan guru
kepada siswa maka dapat diperoleh sebuah data mengenai kedua siswa yaitu Jared
dan Farhan.
5.
Tujuan Asesmen
o
Untuk mengetahui karakteristik
dan kemampuan yang dimiliki kedua siswa.
o
Untuk mengetahui tindak lanjut
layanan yang telah diberikan setelah asesmen sebelumnya
o
Untuk menentukan layanan yang
baru dan memperbaiki layanan sebelumnya yang kurang tepat sehingga terbentuk
layanan pembelajaran yang cocok untuk siswa tersebut
ASESMEN AKADEMIK : MATEMATIKA
N A M A
|
:
|
M.A
|
:
|
JENIS KEL.
|
: L / P
|
IQ
|
:
|
KELAS
|
: II
|
Anak ke
|
:
|
Sekolah
|
:
|
Tgl. Lahir
|
:
|
Alamat
|
:
|
Tgl. Asesmen
|
:
|
Observer/Assesor
|
:
|
Tanda Tangan Observer/Assesor
|
:
|
|
|
KECAKAPAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
No
|
KECAKAPAN
|
RESPON/
JAWABAN
|
|
1
|
Menyebutkan/ menunjuklambang
bilangan
2 5 3 8 1
9 7 6 10 4
|
Jaret
√ Farhan √
anak
semua mampu menyebutkan / menunjukan bilangan
|
|
2
|
Mengurutkan
Isilah titik di bawah ini
dengan lambang bilangan yg tepat!
a. 1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
b. 1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. , 10
c. 1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
d. 1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. ,10
|
Jaret
√ Farhan √
Anak
mampu mengurutkan bilangan.
|
|
3
|
Simbol Operasi Hitung:
(+, -, x, :, <, > )
Isilah titik-titik berikut
a. Tulis lambang perkalian …
b. Tulis lambang lebih kecil! …
c. Tulis lambang penjumlahan! …
d. Tulis lambang lebih besar! …
e. Tulis lambang pembagian
f. Tulis lambang pengurangan.
g. 5 …5 =10
h. 8 … 6 =4
i. 10 …3=30
j. 18 …2=9
Isilah dengan memberi tanda<, >
a. 4… 6
b. 3… 5
c. 4… 8
|
Jaret
√ Farhan √
Keduanya
masih bingung dengan tanda bagi ( : ).
Jaret
dapat menyebutkan symbol bagi ( : ), tetapi Farhan tidak dapat menyebutkan
tanda bagi ( : ).
Keduanya
tidak memahami symbol tandakurang dari (<) dan lebihdari (>).
|
|
4
|
Menulis lambang bilangn
a. Tulislah lambang bilangan 7!
b. Tulislah lambang bilangan 5!
c. Tulislah lambang bilamgan 3 !
d. Tulislah lambang bilangan 2 !
|
Anak
mampu menulis lambing bilangan 1-10. √
|
|
5
|
Mengurutkan
Isilah titik di bawah ini dengan lambang
bilangan yg tepat!
a) 1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
b) 1,. 3, 4,. 6,. 8,. , 10
|
Farhan
masih bingung dalam mengurutkan lambang bilangan. X
Jaret
dapat mengurutkan lambang bilangan tetapi sempat mengalami kesulitan diawal.
+
|
|
6
|
Nilai TempatSatuan, puluhan, ratusan, danribuan
a. 11 = ..puluhan + ..satuan
b. 14 = ..puluhan + ..satuan
c. 19 = ...puluhan + ..satuan
d. 24 = ..puluhan + ..satuan
e. 26 = ..puluhan + .satuan
f. 125 =..ratusan + ..puluhan +..satuan
g. 886 = .. ratusan + .puluhan + .satuan
h. 905 =..ratusan + ..puluhan
+ ..satuan
i. 1256 = .. ratusan + ..puluhan + ..satuan
j. 7235 = .ribuan + ..ratusan + ..puluhan
+..satuan
k. 7 puluhan + 3 satuan = …
l. 3 ratusan + 5 puluhan + 0 satuan = …
m. 9 ribuan + 8 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan = …
|
Jaret
dapat menulis nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan, tetapi jaret
hanya memahami sampai puluhan saja dengan sedikit kesulitan. +
Farhan
tidak dapat menulis satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. X
|
|
7
|
Mengurut bilangan
a.
Susunlah
bilangan berikut menurut urutan naik
27, 24, 30, 4, 2, -2
|
Jaret
dapat mengurutkan dengan benar. √
Farhan butuh bimbingan lagi untuk
mengurutkan bilangan. +
|
|
|
b.
Susunlah
bilangan berikut menurut urutan turun
18, 24,
9, 4, 2, -4
|
Jaret
√ Farhan √
Keduanya
mampu mengurutkan bilang menurut urutan turun.
|
No
|
KECAKAPAN
|
DESKRIPSI
|
8
|
Susunlah bilangan berikut menurut
urutan naik 24,27,26,2
|
Jaret √ Farhan √
Keduanya mampu mengurutkan menurut
urutan naik.
|
9
|
Hitunglah soal berikut
38
- 25
___
12?
|
Jaret √ Farhan√
Keduanya mampu menghitung.
|
10
|
Hitunglah -18 +16 =…(Gunakan garis
bilangan)
|
-
|
11
|
Menggunakan sifat asosiatif
hitunglah 27+68+35 = …
|
-
|
12
|
Berapa nilai A dari 38 -6 = 20 – A
|
-
|
13
|
Selesaikan 4x150 x 8=…?
|
-
|
14
|
50 x 10 = 10 x 50 =…? (sifat
komutatif)
|
-
|
15
|
(30 x 4) x 10 =30 x ( 4 x 10)
=…?(sifat asosiatif)
|
-
|
16
|
16 x (48 - 32) = (16 x 48) - (16 x
32) =.. (sifat distributif)
|
-
|
17
|
Hitunglah !
a. 124 : 3 = … ?
b. 156: 3 = … ?
|
-
|
18
|
Selesaikan 2a+ 5b + 6a =
|
-
|
19
|
Di halaman ada 4 ekor ayam.
Berapa kaki seekor ayam?
Berapa banyak kaki 4 ekor ayam?
|
-
|
Petunjuk:
1.1 Berilah
tanda Cek “Ö” bila
anak dapat mengerjakan dengan benar
2.1 Berilah
tanda plus “+” bila anak dapat mengerjakan dengan bantuan
3.1 Berilah
tanda tanda silang “c” bila
anak belum/tidak dapat mengerjakan atau salah
PENAFSIRAN
|
Pada hari Minggu JARET bersama ayah dan
ibu pergi ke Kebun Binatang Surabaya. Pada hari itu
pengunjungnya banyak sekali. Di Kebun binatang banyak sekali hewan-hewan yang
bermacam-macam jenisnya seperti Gajah, harimau, burung, jerapah, ular, ikan dan
onta. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua.
Suatu saat saya ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda untuk berkunjung ke
kebun binatang
Surabaya
Pada hari Minggu FARHAN bersama ayah dan
ibu pergi ke Pasar Gedangan. Pada hari itu
pengunjungnya banyak sekali. Di Pasar Gedangan banyak sekali jajanan yang bermacam-macam jenisnya
seperti onde-onde, bakmi, kue lapis, lemper heemm enaknya. Hatiku sangat senang
sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat aku ingin
bersama-sama teman-teman naik sepeda pergi belanja ke Pasar Gedangan.
PENAFSIRAN
|
Dalam
membaaghhhh
REKOMENDASI
|
SK
: 1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
KD
: 1.1 Menyebutkan kembali dengan kalimat sendiri isi teks
pendek Berbicara
pendek Berbicara
SK
: 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara
lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan
deklamasi
KD
: 2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
1. Mencatat isi pengumuman
Pengumuman
berarti berita yang diumumkan
Berita
tentang sesuatu
PENGUMUMAN
Sekolah akan
mengadakan kegiatan bersih-bersih.
Kegiatan itu akan diadakan pada:
Kegiatan itu akan diadakan pada:
Hari
: Minggu
Tanggal
: 20 April 2008
Waktu
: Pukul 08.00 sampai dengan
12.00
Peserta
: Siswa kelas 2
Semua siswa diharap
datang.
Siswa diharap
membawa peralatan seperlunya.
isi pengumuman di atas yaitu,
1. ada kegiatan bersih-bersih di sekolah
2. kegiatan itu dilaksanakan pada hari minggu
3. tanggalnya yaitu tanggal 20 april 2008
4. kegiatan itu dimulai pukul 08.00
5. kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 2
2. Mendeklamasikan puisi
deklamasi
berarti membacakan puisi
cara
membacanya menggunakan gerak yang tepat
selain
itu, ucapannya harus jelas
coba
bacakan puisi berikut
bacakan
dengan gerak yang tepat
bacakan
juga dengan ucapan yang jelas
Contoh:
pohon
untuk dunia
karya catalina
immanuela godeliva
kusembahkan
satu pohon
untukmu
dunia
kupelihara
satu pohon
untukmu
dunia
kujaga
satu pohon
untukmu
dunia
kami
sembahkan sejuta pohon
kami
pelihara sejuta pohon
kami
jaga sejuta pohon
untukmu
dunia
hijaukan
bumiku
dengan
daunmu
sejukkanlah
bumiku
dengan
ranting dan cabangmu
PENAFSIRAN
|
REKOMENDASI
|

Penafsiran:
Tulisan
dari jared kurang rapi tetapi masih dalam garis.
Penulisan
huruf capital belum tepat.
Belum
ada penerapan tanda baca dalam penulisan
Bentuk
huruf belum tepat
Belum
memahami konsonan huruf seperti Vitamin di tulis Fitamin
|
|
Rekomendasi

Penafsiran
Tulisan dari farhan
Penuliannya kurang rapi dan banyak
huruf yang keluar dari garis
Penulisan besar kecilnya huruf
kurang tepat
Belum ada tanda baca
Kemampuan merangkai katanya belum
tepat
|
|
Rekomendasi
Untuk
Asesmen Membaca
Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat !

Jawablah
pertanyaan dibawah ini !
1.
Pohon apa yang diceritakan dalam bacaan di atas ?
2.
Bagaimana bentuk daun pohon jeruk ?
3.
Bagaimana bentuk buah jeruk?
4.
Bagaimana cara merawat pohon jeruk ?
5.
Sukakah kamu dengan buah jeruk?
Mengapa?
DESKRIPSIKAN BUAH JERUK DIBAWAH
INI !

BACALAH URUTAN BILANGAN BERIKUT INI 101,102,103,104,
105,106,107,108109,110
BANDINGKAN !
101
………..110
110
……….. 011
NILAI
TEMPAT
110
JUMLAHKAN
101
110 +
………….
126
217
+
…………..
KURANGI
221
135
-
……………..
2 X 3
= ….
2 X 4
=…..
6 : 2
= ……
8 : 4
= ……
KERJAKAN
1. 2
X 3 = ….
2. 2
X 4 =…..
3. 6
: 2 = ……
4. 8
: 4 = ……
BAB
III
KESIMPULAN
dan SARAN
Siswa masih mengalami
sedikit kesulitan baik dalam membaca maupun berhitung,tetapi dalam menulis juga
masih perlu bimbingan walaupun saat menulis mereka lancar-lancar saja tetapi
kita tetap harus menilai hasil tulisan siswa. Dari hasil asesmen juga dapat disimpulkan
bahwa anak termasuk dalam jenis kesulitan belajar. Sehingga siswa masih
memerlukan bimbingan dan pelaksanaan program yang lebih intensif agar anak
dapat mencapai perkembangan secara optimal. Kemudian selama proses asesmen
seharusnya dilaksanakan pada suasana yang lebih kondusif agar data yang
diperoleh lebih valid sehingga perencanaan progam atau pelayanan yang hendak
diberikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar