Jumat, 05 Februari 2016

contoh instrumen akademik (menulis berhitung membaca)

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Di setiap kelas terdapat banyak siswa yang memiliki karakteristik masing-masing dan tidak sama. Sehingga kita perlu melakukan identifikasi pada siswa untuk menemukenali siswa. Oleh karena itu perlulah dilakukan asesmen kepada siswa agar kita bisa mengetahui sejauh mana pencapaian siswa sampai saat ini. Dari hasil asesmen kita dapat memperoleh data yang nantinya akan diketahui bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain. Apabila lebih dikhususkan dari asesmen dapat kita peroleh data siswa mengenai kemampuan individu sehingga kita dapat merekomendasikan layanan yang dapat menunjang perkembangan siswa. Karena setiap siswa membutuhkan program pembelajaran yang berbeda,sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Selain program yang ditentukan ini bermanfaat untuk pengoptimalan siswa juga berfungsi untuk memantau kesesuaian program yang telah diberikan sebelumnya sehingga untuk mendapatkan data yang valid harus dilakukan penilaian atau asesmen terhadap siswa secara berkala.

2.      Manfaat dan Tujuan
1.      Untuk mengidentifikasi anak
2.      Untuk mendapatkan data yang sesuai
3.      Untuk menilai program yang telah diberikan sebelumnya
4.      Untuk menentukan atau memperbarui program yang kurang sesuai
5.      Agar tidak ada pemberian program yang salah kepada siswa
6.      Pemberian penanganan secara tepat
7.      Agar anak dapat berkembang secara optimal melalui program pembelajaran individu yang diberikan








BAB II
PEMBAHASAN

1.      Profil anak
Siswa 1
Nama                           : Farhan
Kelas                           : 2
Sekolah                       : SDN Percobaan
Hambatan                    : AKB
Siswa 2
Nama                           : Jared
Kelas                           : 2
Sekolah                       : SDN Percobaan
Hambatan                    : AKB

2.      Pelaksanaan Asesmen
Hari /Tanggal              : Rabu, 13 Mei 2015
Waktu                         : 08.00 – 10.00
Tempat                        : Aula PLB Unesa

3.      Aspek yang diasesmen
a.       Membaca
o   Membaca pemahaman
§  Pengembangan kosakata
§  Pemahaman literal
§  Pemahaman inferensial
§  Membaca kritis
§  Komponen apresiasi
o   Membaca teknis
§  Konfigurasi
§  Analisis konteks
§  Penguasaan kosakata pandang

§  Analisis huruf fonik
§  Analisis struktural
*dilakukan dengan prosedur inventori membaca informal
b.      Menulis
o   Keterampilan menulis lanjut
o   Kelancaran
o   Kosakata
o   Struktur
o   Isi
*dilakukan dengan observasi keterampilan menulis dan analisis sampel tulisan
c.       Berhitung yang meliputi
o   Kecakapan operasi hitung bilangan bulat
o   Menyebutkan/ menunjuklambang bilangan
o   Mengurutkan bilangan
o   Simbol Operasi Hitung
o   Menulis lambang bilangan
o   Menempatkan Nilai Tempat Satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan
o   Serta mengetes dimensi kuantitatif dan kualitatif

4.      Cara pengambilan data asesmen
o   Observasi : Mengadakan pengamatan terhadap simulasi yang dilakukan oleh guru pendamping siswa dan 2 siswa dengan spesifikasi kesulitan belajar. Melalui asesmen yang dilakukan guru kepada siswa maka dapat diperoleh sebuah data mengenai kedua siswa yaitu Jared dan Farhan.

5.      Tujuan Asesmen
o    Untuk mengetahui karakteristik dan kemampuan yang dimiliki kedua siswa.
o    Untuk mengetahui tindak lanjut layanan yang telah diberikan setelah asesmen sebelumnya
o    Untuk menentukan layanan yang baru dan memperbaiki layanan sebelumnya yang kurang tepat sehingga terbentuk layanan pembelajaran yang cocok untuk siswa tersebut








































ASESMEN AKADEMIK : MATEMATIKA


N A M A
:
M.A
:
JENIS KEL.
:  L / P
IQ
:
KELAS
: II
Anak ke
:
Sekolah
:
Tgl. Lahir
:
Alamat
:
Tgl. Asesmen
:
Observer/Assesor
:
Tanda Tangan Observer/Assesor
:



KECAKAPAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

No
KECAKAPAN
RESPON/ JAWABAN
1


Menyebutkan/ menunjuklambang bilangan
2 5 3 8 1
9 7 6 10 4
Jaret √ Farhan √
anak semua mampu menyebutkan / menunjukan bilangan
2
Mengurutkan
Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat!

a.    1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
b.    1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. , 10
c.    1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
d.     1,.. 3, 4,.. 6,.. 8,.. ,10

Jaret √ Farhan √
Anak mampu mengurutkan bilangan.
3
Simbol Operasi Hitung:
(+, -, x, :, <, > )

Isilah titik-titik berikut
a.  Tulis lambang perkalian …
b.  Tulis lambang lebih kecil! …
c.   Tulis lambang penjumlahan! …
d.  Tulis lambang lebih besar! …
e.  Tulis lambang pembagian
f.    Tulis lambang pengurangan.
g.  5 …5 =10
h.  8 … 6 =4
i.    10 …3=30
j.    18 …2=9

Isilah dengan memberi tanda<, >
a.     4… 6      
b.      3… 5      
c.      4… 8      



Jaret √ Farhan √
Keduanya masih bingung dengan tanda bagi ( : ).
Jaret dapat menyebutkan symbol bagi ( : ), tetapi Farhan tidak dapat menyebutkan tanda bagi ( : ).
Keduanya tidak memahami symbol tandakurang dari (<) dan lebihdari (>).
4
Menulis lambang bilangn
a.  Tulislah lambang bilangan 7!
b.  Tulislah lambang bilangan 5!
c.   Tulislah lambang bilamgan 3 !
d.     Tulislah lambang bilangan 2 !

Anak mampu menulis lambing bilangan 1-10. √
5
Mengurutkan

Isilah titik di bawah ini dengan lambang bilangan yg tepat!
a) 1,.. 3.., 5,., 7,..9, …
b) 1,. 3, 4,. 6,. 8,. , 10

Farhan masih bingung dalam mengurutkan lambang bilangan. X
Jaret dapat mengurutkan lambang bilangan tetapi sempat mengalami kesulitan diawal. +
6
Nilai TempatSatuan, puluhan, ratusan, danribuan
a.  11 = ..puluhan   + ..satuan
b.  14 =  ..puluhan   + ..satuan
c.   19 = ...puluhan + ..satuan
d.  24 = ..puluhan   + ..satuan
e.  26 =  ..puluhan   + .satuan
f.    125 =..ratusan  + ..puluhan   +..satuan
g.  886 =  .. ratusan  + .puluhan + .satuan
h.  905 =..ratusan  + ..puluhan  + ..satuan
i.    1256 =  .. ratusan  + ..puluhan   + ..satuan
j.    7235 = .ribuan + ..ratusan + ..puluhan   +..satuan
k.   7 puluhan + 3 satuan = …
l.    3 ratusan + 5 puluhan + 0 satuan = …
m. 9 ribuan + 8 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan = …

Jaret dapat menulis nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan, tetapi jaret hanya memahami sampai puluhan saja dengan sedikit kesulitan. +
Farhan tidak dapat menulis satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. X
7
Mengurut bilangan
a.  Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik
     27, 24, 30, 4, 2, -2

Jaret dapat mengurutkan dengan benar. √
 Farhan butuh bimbingan lagi untuk mengurutkan bilangan. +

b.  Susunlah bilangan berikut menurut urutan turun
18, 24, 9, 4, 2, -4
Jaret √  Farhan √
Keduanya mampu mengurutkan bilang menurut urutan turun.

No
KECAKAPAN
DESKRIPSI
8
Susunlah bilangan berikut menurut urutan naik  24,27,26,2

Jaret √ Farhan √
Keduanya mampu mengurutkan menurut urutan naik.
9
Hitunglah soal berikut
38
- 25  ___
12?

Jaret √ Farhan√
Keduanya mampu menghitung.
10
Hitunglah -18 +16 =…(Gunakan garis bilangan)

-
11
Menggunakan sifat asosiatif hitunglah 27+68+35 = …

-
12
Berapa nilai A dari 38 -6 = 20 – A

-
13
Selesaikan 4x150 x 8=…?

-
14
50 x 10 = 10 x 50 =…? (sifat komutatif)

-
15
(30 x 4) x 10 =30 x ( 4 x 10) =…?(sifat asosiatif)

-
16
16 x (48 - 32) = (16 x 48) - (16 x 32) =.. (sifat distributif)

-
17
Hitunglah !

a.    124 : 3 = … ?

b.    156:  3 = … ?

-

18

Selesaikan 2a+ 5b + 6a =

-
19
Di halaman ada 4 ekor ayam.
Berapa kaki seekor ayam?
Berapa banyak kaki 4 ekor ayam?

-

Petunjuk:
1.1 Berilah tanda Cek “Ö” bila anak dapat mengerjakan dengan benar
2.1 Berilah tanda plus “+” bila anak dapat mengerjakan dengan bantuan
3.1 Berilah tanda tanda silang “c” bila anak belum/tidak dapat mengerjakan atau salah

PENAFSIRAN
Keduanya bisa dalam mengurutkan bilangan, tetapi belum bisa menempakan bilangan pada kelompoknya (ratusan, puluhan, satuan) dan belum bisa menyebutkan symbol operasi. Kemampuan Farhan lebih lambat menguasai matematika daripad Jaret. Keduanya belum mengerti mengenai bangun ruang. Dan Jaret lebih unggul menangkap materi matematika daripada Farhan.
 











Pada hari Minggu JARET bersama ayah dan ibu pergi  ke Kebun Binatang Surabaya. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Kebun binatang banyak sekali hewan-hewan yang bermacam-macam jenisnya seperti Gajah, harimau, burung, jerapah, ular, ikan dan onta. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat saya ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda untuk berkunjung ke kebun binatang Surabaya

Pada hari Minggu FARHAN bersama ayah dan ibu pergi  ke Pasar Gedangan. Pada hari itu pengunjungnya banyak sekali. Di Pasar Gedangan banyak sekali jajanan yang bermacam-macam jenisnya seperti onde-onde, bakmi, kue lapis, lemper heemm enaknya. Hatiku sangat senang sekali, ingin rasanya aku mengajak teman teman semua. Suatu saat aku ingin bersama-sama teman-teman naik sepeda pergi belanja ke Pasar Gedangan.




PENAFSIRAN
Dalam membaca siswa sudah menguasai semua huruf kecuali pada konsonan ganda yang jarang di temui seperti kata “hemm” yang terdapat dalam bacaan yag terdapat pada instrument.
·         Farhan : membacanya terlalu cepat, kurang memperhatikan tanda baca,intonasi yang kurang tepat serta pemahaman bacaan yang kurang.
·         Jared  : membacanya terlalu pelan dan kurang lancar,kurang memperhatikan tanda baca dan intonasi namun pemahaman Jared lebih baik daripada Farhan.
 
 


Dalam membaaghhhh







REKOMENDASI
Berikan latihan membaca pada kata yang melibatkan ekspresi.

Farhan : memberikan latihan tentang pemahaman terhadap tanda baca yang baik dan benar , memberikan pengontrolan dalam membaca agar tidak terlalu cepat dan agar dapat memahami isi bacaan serta untuk memahamkan intonasi kepada siswa diberikan latihan dengan mendengarkan bacaan guru atau rekaman dengan menyimak bacaan yang tersedia dalam buku. 

Jared : memberikan motivasi dalam membaca agar tidak terlalu pelan dalam membaca dan di latih agar suara nya bisa keras, memberikan latihan tentang pemahaman terhadap tanda baca yang baik dan benar ,serta untuk memahamkan intonasi kepada siswa diberikan latihan dengan mendengarkan bacaan guru atau rekaman dengan menyimak bacaan yang tersedia dalam buku. 
 
 














SK            : 1.    Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
KD           : 1.1  Menyebutkan kembali dengan  kalimat  sendiri isi teks
pendek   Berbicara
SK            :  2.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara
lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi
KD          :  2.3   Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat

 1. Mencatat isi pengumuman
Pengumuman berarti berita yang diumumkan
Berita tentang sesuatu

PENGUMUMAN

Sekolah akan mengadakan kegiatan bersih-bersih.
Kegiatan itu akan diadakan pada:
Hari                    : Minggu
Tanggal              : 20 April 2008
Waktu                : Pukul 08.00 sampai dengan 12.00
Peserta              : Siswa kelas 2
Semua siswa diharap datang.
Siswa diharap membawa peralatan seperlunya.

isi pengumuman di atas yaitu,
1. ada kegiatan bersih-bersih di sekolah
2. kegiatan itu dilaksanakan pada hari minggu
3. tanggalnya yaitu tanggal 20 april 2008
4. kegiatan itu dimulai pukul 08.00
5. kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 2

2.  Mendeklamasikan puisi
deklamasi berarti membacakan puisi
cara membacanya menggunakan gerak yang tepat
selain itu, ucapannya harus jelas
coba bacakan puisi berikut
bacakan dengan gerak yang tepat
bacakan juga dengan ucapan yang jelas







Contoh:

pohon untuk dunia
karya catalina immanuela godeliva

kusembahkan satu pohon
untukmu dunia
kupelihara satu pohon
untukmu dunia
kujaga satu pohon
untukmu dunia
kami sembahkan sejuta pohon
kami pelihara sejuta pohon
kami jaga sejuta pohon
untukmu dunia

hijaukan bumiku
dengan daunmu
sejukkanlah bumiku
dengan ranting dan cabangmu

PENAFSIRAN
Tidak dilakukan asesmen menggunakan instrument diatas karena penguasaan intonasi anak dan pemahamannya masih kurang.
 
 










REKOMENDASI

Siswa diberi kesempatan untuk melakukan demonstrasi dalam membaca puisi untuk melatih intonasinya.
Setiap anak membaca diberikan pendampingan untuk menjelaskan isi bacaan.
 
 













Penafsiran:

Tulisan dari jared kurang rapi tetapi masih dalam garis.
Penulisan huruf capital belum tepat.
Belum ada penerapan tanda baca dalam penulisan
Bentuk huruf belum tepat
Belum memahami konsonan huruf seperti Vitamin di tulis Fitamin

Di berikan latihan menulis dengan rapi
Pembimbingan dalam penempatan huruf besar dan kecil serta tanda baca
Perbanyak merangkai kalimat


 
Rekomendasi



Penafsiran

Tulisan dari farhan
Penuliannya kurang rapi dan banyak huruf yang keluar dari garis
Penulisan besar kecilnya huruf kurang tepat
Belum ada tanda baca
Kemampuan merangkai katanya belum tepat



Di berikan latihan menulis dengan rapi
Pembimbingan dalam penempatan huruf besar dan kecil serta tanda baca
Perbanyak latihan merangkai kalimat


 
Rekomendasi










               

Untuk Asesmen Membaca

Bacalah  dengan lafal dan intonasi yang tepat !
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1.     Pohon apa yang diceritakan dalam bacaan di atas ?
2.     Bagaimana bentuk daun pohon jeruk ?
3.     Bagaimana bentuk buah jeruk?
4.     Bagaimana cara merawat pohon jeruk ?
5.     Sukakah kamu dengan buah jeruk?
Mengapa?














DESKRIPSIKAN BUAH JERUK DIBAWAH INI !








BACALAH URUTAN BILANGAN BERIKUT INI 101,102,103,104,
105,106,107,108109,110
BANDINGKAN !

101 ………..110
110 ……….. 011

NILAI TEMPAT
110

JUMLAHKAN
101                         
110  +                     
………….


126
217 +
…………..

KURANGI

221
135 -
……………..


2 X 3 = ….
2 X 4 =…..
6 : 2 = ……
8 : 4 = ……

KERJAKAN

1.  2 X 3 = ….
2.  2 X 4 =…..
3.  6 : 2 = ……
4.  8 : 4 = ……






BAB III
KESIMPULAN dan SARAN


Siswa masih mengalami sedikit kesulitan baik dalam membaca maupun berhitung,tetapi dalam menulis juga masih perlu bimbingan walaupun saat menulis mereka lancar-lancar saja tetapi kita tetap harus menilai hasil tulisan siswa. Dari hasil asesmen juga dapat disimpulkan bahwa anak termasuk dalam jenis kesulitan belajar. Sehingga siswa masih memerlukan bimbingan dan pelaksanaan program yang lebih intensif agar anak dapat mencapai perkembangan secara optimal. Kemudian selama proses asesmen seharusnya dilaksanakan pada suasana yang lebih kondusif agar data yang diperoleh lebih valid sehingga perencanaan progam atau pelayanan yang hendak diberikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar